Perguruan Silat Assi Gio Gelar Milad Pertama

perguruan silat assi gio gelar milad pertama

Perguruan Pencak Silat Assi Gio’ menggelar Acara Milad nya yang pertama pada hari Sabtu 19 September 2020 lalu, Acara Milad dilaksanakan di Jl. Kacong Dg Lalang Pa’bangiang kel.Tombolo kec. Somba Opu kabupaten Gowa, Acara ini berjalan dengan meriah dan sukses.

Dilansir dari jurnalmedia.online, di jelaskan bahwa pada Acara ini panitia menyuguhkan penampilan atraksi dari Ikatan Pencak Silat Sulawesi, IPSAS, PS Kesabaran Cabang SMP 4 Makassar. juga menghadirkan Rempak Gendang dari Maestro Gendang Serang Dakko dan Daeng Mile, acara juga semakin sakral ketika Hendra Rapi melakukan prosesi Angngaru di depan para tamu.

acara milad silat assi gio
Suasana acara milad Assi Gio'

Perguruan Pencak Silat Assi Gio’ atau di singkat PPSA, pertama kali didirikan pada tgl 19 September 2019 lalu di Tombolo Somba Opu Kab.Gowa, PPSA bertujuan melestarikan adat dan budaya dalam bidang seni Pencak Silat dan menyatukan Visi Misi serta menjalin silaturahmi antar Pencak Silat yang ada di Sulawesi Selatan.

PPSA juga rutin melakukan komunikasi terbuka terhadap insan Silat di Kabupaten Gowa, Takalar dan hingga ke Jeneponto untuk melakukan konsolidasi terkait pencak silat tradisi.

PPSA juga melakukan pembinaan terhadap bibit-bibit Pesilat yang ada di Kabupaten Gowa guna Membentuk penerus-penerus yang unggul dalam bidang Silat dan memiliki mental spiritual kebangsaan yang kuat.

Hasbi Dg Talle selaku Dewan Pendiri Perguruan Silat Assi Gio saat di konfirmasi menyampaikan bahwa Ajaran Dasar dari Perguruan Silat Assi Gio awal mula berasal dari almarhum Arasan Dg Ramma lalu di turunkan ke Almarhum Muhtar Mannuntungi Dg Tika, dan kini di lanjutkan oleh Haruna Dg Nyampa.

“Alm Muhtar Mannuntungi Dg Tika belajar bersama dengan alm Daeng Bunga, Daeng Bunga kemudian menjadi pendiri Ikatan pencak Silat Sulawesi (IPS), Daeng Bunga adalah Ayah dari Kamaluddin Dg Narang yang juga sekaligus sebagai penasehat PPSA saat ini” Ungkap Hasbi Dg Talle.

Perguruan yang di dirikan oleh Haruna Dg Nyampa, Syamsir Sugiarto RH Dg Sijaya, Halim Hamid Sikki, Subair Jaka dan Hasbi Dg Talle ini menjadi sebuah inspirasi bagi semua Perguruan silat yang ada di kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Karena melalui Milad nya yang pertama ini PPSA mengundang banyak perguruan silat dan pemerhati adat budaya sebagai bentuk persatuan dan silaturahmi dalam menjaga keutuhan Bangsa

lembaga pusaka hadir di milad pertama perguruan silat assi gio
Tamu, Lembaga PUSAKA

Acara Milad Pertama PPSA yang mulai di selenggarakan pada pukul 20.00 hingga pukul 23.00 WITA ini di hadiri oleh banyak tamu undangan yaitu diantaranya adalah Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Somba Opu, Lurah Tombolo beserta Bhabinkamtibmas, Hj. Andi Willy Petta Lenna selaku Ketua Kerukunan Keluarga Kerajaan Bugis Makassar (KKKBMS), Andi Ilham syah Krg. Ngemba (Krg Cambang), Andi Abduh Ashari Arief Krg. Narang, Sanggar Seni Abbulo Sibatang, Lembaga Pemerhati Pusaka Adat & Kebudayaan Makassar (PUSAKA), Lagober, Karpet Kuning, Komunitas Giring-Giring, TTC Armed, GPBM, IPSAS, Ikatan Pencak Silat Sulawesi.

Hasbi Dg Talle dan Syamsir RajaHindi Dg Sijaya selaku Dewan Pendiri Perguruan Assi Gio menyampaikan Harapannya agar Pencak Silat Tradisi Makassar di kemudian hari dapat berkembang hingga menembus Manca negara, dengan satu persepsi yaitu menjadi bagian dari IPSI dalam rangka pelestarian Pencak Silat di Indonesia.

Baca Juga :

“Kami berharap Pencak silat atau Manca’ Assi Gio’ dapat dikenal oleh masyarakat luas, kemudian dapat juga bergabung ke dalam IPSI guna berkontribusi dalam bidang Olahraga di Indonesia dan agar budaya Silat Indonesia tetap selalu di lestarikan” Ucap Syamsir.

0 Response to "Perguruan Silat Assi Gio Gelar Milad Pertama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel